Searching...
Monday 21 May 2012
18:06 0

3,000 Orang Itali Tiada Rumah Akibat Gempa




ROM - Gempa yang melanda Itali Utara pada 20/5/2012 , membuat ribuan warga setempat kehilangan tempat tinggal.

Untuk sementara waktu , mereka tinggal di tempat-tempat pengungsian, yang dibangun oleh Pemerintah Itali , pascagempa berkekuatan 6.0 skala Richter (SR).

Pemerintah Itali mengatakan, prioriti utama saat ini adalah menyediakan tempat mengungsi, bagi sekitar 3,000 orang yang kehilangan rumah.
"Situasi masih tegang. Warga masih takut tinggal di rumah, sehingga kami membuka kem darurat bagi mereka, hingga situasi cukup selamat dan gempa benar-benar berhenti," kata Diego Gottarelli, Kordinator Badan Perlindungan Warga Kota Finale Emilia, seperti dikutip dari BBC, Senin (21/5/2012).

Selain meratakan bangunan tempat tinggal, gempa yang berpusat di sebelah utara Kota Bologna, juga mengakibatkan banyak bangunan bersejarah rusak berat.
Salah satunya, sebuah kapel abad ke-16 di Kota San Carlo, dekat Kota Ferrara. Dinding luar kapel nyaris runtuh total. Sehingga, patung-patung malaikat di dalamnya dapat terlihat jelas.
"Renovasi kapel ini memakan waktu delapan tahun, dan kini tak ada yang bisa kami lakukan," ujar arsitek Claudio Fabbri, seperti dikutip AFP.
Gempa terjadi pada Minggu pukul 02.00 waktu setempat. Sedikitnya tiga orang, meninggal dunia, dan sekitar 50 orang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh akibat guncangan gempa. (*)

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...